WELCOME TO OFFICIAL WEBSITE LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA KABUPATEN TEBO

LDII Hadiri Rakerda MUI 2023

"Dihadiri Ketua DPD LDII Tebo Heri Paryanto"

Kakan Kesbangpol Tebo Sugiarto, SP Terima Audiensi LDII Guna Pererat Silaturahim

Kakan Kesbangpol Bersama Ketua - Pembina DPD LDII Tebo

Ketua DPD LDII Tebo Heri Paryanto Kunjungi Kemenag Tebo

Audiensi DPD LDII Ke Kemenag Kab. Tebo

LDII Hadiri Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pengambilan Sumpah Presiden dan Wakil Presiden



Depok (15/10). Presiden Joko Widodo menghadiri apel kesiapan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden 2024, di Markas Komando Korps Brigade Mobil Kepolisian Republik Indonesia (Mako Brimob Polri) Kelapa Dua, Kota Depok, Jawa Barat pada Senin (14/10). Saat tiba di Mako Brimob, Presiden Jokowi disambut oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Usai menerima penghormatan dari jajar kehormatan, Presiden menaiki kendaraan taktis Maung menuju ke mimbar kehormatan. Apel diawali dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, Presiden didampingi Kapolri menuju ke mimbar apel dan memperoleh penghormatan kebesaran.

Pada kesempatan ini, Presiden mendapat penghargaan medali kehormatan, keamanan dan keselamatan publik Loka Praja Samrakshana dan pemberian warga kehormatan Korps Brimob Polri. Kapolri memberikan langsung penghargaan tersebut atas jasa luar biasa, terhadap pengembangan dan kemajuan Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan serta penegakan hukum demi keamanan masyarakat, bangsa, dan negara.

Selanjutnya, Presiden memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja Polri. Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 138/TK Tahun 2024 yang ditetapkan di Jakarta, pada tanggal 14 Oktober 2024, tentang penganugerahan tanda kehormatan Nugraha Sakanti.

Tanda kehormatan tersebut diberikan kepada kesatuan kerja di lingkungan Polri, yaitu Korbrimob Polri, Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korlantas Polri, Divisi Hubungan Bidang Internasional Polri, Densus 88 Antiteror Polri, dan Pusdokkes Polri. Penghargaan ini diterima oleh pimpinan masing-masing satuan. Seperti satuan Korbrimob Polri diterima oleh Kakorbrimob Polri Komjen Imam Widodo, Satuan Bareskrim Polri diterima oleh Kabareskrim Porli Komjen Wahyu Widada.

Lalu, Satuan Baharkam Polri diterima oleh Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran, Satuan Korlantas Polri diterima oleh Irjen Aan Suhanan, Satuan Divhubinter Polri diterima oleh Kadivhubinter Polri Irjen Krishna Murti, Satuan Densus 88 Antiteror Polri diterima oleh Kadensus Irjen Sentot Prasetyo, dan Satuan Pusdokkes Polri diterima oleh Kapusdokkes Irjen Asep Hendradiana.

Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan pada satuan kerja Polri yang dinilai telah berjasa di bidang kepolisian serta bermanfaat bagi bangsa dan negara. Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pemberian tanda kehormatan Nugraha Sakanti oleh Presiden Joko Widodo kepada tujuh satuan kerja (satker) Polri menjadi amanah untuk bekerja lebih baik.

“Penganugerahan yang diberikan oleh Bapak Presiden kepada kita ini, sekaligus menjadi amanah dari Bapak Presiden agar kami semua ke depan bekerja dengan lebih baik sesuai dengan apa yang menjadi harapan dan amanah rakyat,” kata Kapolri.

Apel diikuti 15.000 personel Polri dan dihadiri tokoh-tokoh masyarakat, pimpinan organisasi kemasyarakatan dan pengasuh pondok pesantren. DPP LDII dalam kegiatan tersebut diwakili Ketua DPP LDII Rulli Kuswahyudi.

Pada kesempatan itu Rulli mengungkapkan bahwa acara tersebut memperlihatkan kesiapan Polri dalam mengawal proses pelantikan. “Kita melihat Polri sudah sangat siap untuk menjaga jalannya proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. LDII sebagai bagian dari masyarakat siap bekerja sama dan mendukung terciptanya kamtibmas,” ujar Rulli.

LDII seperti yang diputuskan dalam Rakornas LDII 2024 menegaskan komitmennya dalam mendukung program prioritas pemerintah yang telah selaras dengan hasil Rakernas LDII 2023, seperti kebangsaan, keagamaan, pendidikan, kesehatan, pembangunan SDM, teknologi digital, ekonomi syariah, ketahanan pangan, lingkungan hidup, serta energi baru terbarukan. “Harapan kami, dengan program-program ini, Indonesia dapat menjadi negara yang mandiri dan mampu mencapai visi Indonesia Emas 2045,” tambah Rulli.

Lebih lanjut, Rulli menyampaikan pentingnya peran generasi muda dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, terutama menuju visi Indonesia Emas 2045. “Kami berharap generasi muda diberikan peran yang lebih besar dalam pembangunan. Dengan SDM yang berkualitas dan kompetensi yang baik, generasi ini akan mampu mengisi berbagai bidang pembangunan yang ada,” tambahnya.

Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kabupaten Tebo Laksanakan Pengajian Umum

Tebo (13/10) - Peningkatan keilmuan manusia harus selalu diramut, diupgrade, disampaikan secara kontinyu dan berkesinambungan, maka dari itu Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia Kabupaten Tebo giat melaksanakan pengajian umum setiap bulan satu kali. Alhamdulillah berkat nikmat Allah SWT pada minggu (13/10) bertempat di Aula Yayasan Baitu Anfa'unnas Desa Purwo Dadi Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo dapat terlaksana. 
Dalam pengajian kali ini di isi materi dari organisasi, makna al Qur'an oleh Ustadz Tunggul Setya Budi. Dalam materinya beliau menyampaikan keutamaan QS. Yasin dan makna keterangannya. Dengan memahami keutamaan serta maknanya maka menambah semangat bagi jamaah dalam menderes Al Qur'an. 

Lain dari pengajian sebelumnya kali ini di isi dari bidang bimbingan konseling dari Penggerak Pembina Generus. Pemateri oleh Ketua DPD LDII Kabupaten Tebo Heri Paryanto, ST.,MM. "Komunikasi yang efektif kepada anak adalah dapat menahan ego sebagai orang tua dan jangan terlalu sering menasehati anak, tentukan waktu untuk memberi nasehat kepada anak", jelas Heri Paryanto. 

"Orang tua harus mengetahui perkembangan mental psikologinya, berikan pembiasaan yang baik dirumah, salah satunya sholat lima waktu", teang Heri Paryanto. 

"Pendidikan yang utama dan pertama itu keluarga, peran seorang ayah itu sangat penting, upayakan sering komunikasi dan bercanda dengan anak-anak diwaktu luang", imbuh Heri Paryanto.

"Tanyakan kepada anak, apa kegiatannya hari ini, bagaimana sekolahnya, ajak anak untuk beribadah bersama ke masjid, karena sholat merupakan prioritas ibadah dan paling utama", pungkas Heri Paryanto.


Kasat Binmas Polres Tebo Terima Kunjungan DPD LDII Tebo

Tebo (09/10) - Ketua DPD LDII Kabupaten Tebo Heri Paryanto bersama jajarannya, melakukan kunjungan ke Kasat Binmas Polres Tebo. Kunjungan ini dilaksanakan pada Kamis (03/10), kehadiran mereka disambut oleh anggota Kasat Binmas Polres Tebo, Aipda Oka Mahendra dan Bripka Saprudin.

Heri Paryanto menuturkan, kegiatan DPD LDII Tebo rutin dilaksanakan 3 bulan sekali. ” Kunjungan ini bertujuan untuk melaporkan kegiatan DPD LDII Kabupaten Tebo dari tingkat PAC, PC dan DPD, serta menyampaikan Majalah Nuansa " ujarnya.

Aipda Oka Mahendra mengungkapkan, tugas kepolisian memberikan bimbingan, arahan dan informasi-informasi kepada masyarakat. ” harapan saya kegiatan ini bisa terus dilakukan untuk mempererat hubungan antara organisasi Keagamaan dengan Penegak hukum,” tuturnya.

Selanjutnya, Oka Mahendra berharap, generasi muda LDII dapat menjadi contoh yang baik. "Jangan sampai terpengaruh dengan pergaulan bebas, minum-minuman keras, seks bebas, dan perundungan," ujarnya.

Menutup wawancara, Bripka Saprudin berpesan, warga LDII jangan terpengaruh berita adu domba dan sara di tahun politik. "Jangan sampai golput dalam pesta demokrasi ini. Ciptakanlah politik yang riang gembira," tutupnya. (fdc)

DPD LDII Kabupaten Tebo Audiensi dengan Kejari Tebo

Tebo (06/10) – Ketua DPD LDII Kabupaten Tebo Heri Paryanto bersama jajarannya, melakukan Audiensi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebo. Audiensi ini dilaksanakan pada Kamis (03/10), kehadiran mereka disambut oleh staf Kasi Intel Kejari Tebo, Rara bersama jajarannya.

Menurut Heri Paryanto, audiensi ini bertujuan untuk memperkuat silahturahmi antara organisasi keagamaan dengan lembaga hukum,” audiensi ini merupakan agenda rutin 3 bulan sekali, tujuannya untuk melaporkan kegiatan DPD LDII Kabupaten Tebo dari tingkat PAC, PC dan DPD, serta untuk memperkuat silaturahmi yang saat ini sudah terjalin dengan baik" ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Rara mengapresiasi DPD LDII Kabupaten Tebo yang berkunjung ke Kejari untuk beraudiensi,”Audiensi ini sangat bagus, karna untuk mempererat hubungan antara organisasi Keagamaan dengan lembaga hukum, agar terwujudnya kehidupan beragama yang sesuai dengan norma-norma hukum yang ada,” tutur Rara.

Selanjutnya Rara dalam kesempatan ini  menuturkan, terkait menyikapi pelaksanaan Pilkada, ”terkait dengan pelaksanaan Pilkada , warga LDII supaya menyikapinya dengan baik, jangan sampai terpengaruh dengan isu sara yang saat ini marak diberitakan dalam media sosial, organisasi harus netral aktif, tidak boleh memihak kepada salah satu Paslon," ujarnya.

Menutup wawancara, Rara menghimbau kepada seluruh warga LDII melalui Ketua DPD LDII. " Informasikan kepada seluruh warga LDII untuk bisa menggunakan hak suaranya saat Pilkada, jangan sampai Golput, jadilah pelopor yang baik bagi masyarakat," tutupnya. (fdc) 

LDII Jambi Helat Pelatihan Jurnalistik untuk Masifkan Publikasi

Jambi (5/10) - DPW LDII Jambi bekerja sama dengan DPP LDII dan Jambi Independent menghelat pelatihan jurnalistik. Acara yang dihelat di kantor BPSDM Provinsi Jambi itu, diikuti 31 peserta utusan DPD LDII se-Jambi. 

Ketua DPW LDII Provinsi Jambi, Rahmat Nuruddin mengungkapkan, pihaknya mendorong peserta pelatihan mampu membuat berita di setiap kegiatan. “Baik kegiatan kebangsaan, dakwah, hingga sosial kemasyarakatan,” tuturnya pada Sabtu (5/10). 

Ia berharap, peserta dapat mengelola website dan akun media sosial LDII Jambi. “Sehingga dapat memperkuat pemberitaan LDII,” tegasnya. 

Senada, Ketua Biro Komunikasi, Informasi dan Media DPW LDII Provinsi Jambi, Fadli mengatakan, pada era digital saat ini, masyarakat disuguhi dengan berbagai informasi dari berbagai media. 

Melalui pelatihan tersebut, ia berharap generasi muda bisa membedakan antara berita yang berdasarkan fakta atau berita hoax. "Nantinya generasi muda LDII akan semakin memahami mana berita yang benar atau hanya hoax, saya berharap kedepannya semakin banyak berita-berita yang positif tentang LDII," kata Fadli.

Sementara itu, Ketua DPP LDII Rulli Kuswahyudi menegaskan, sudah saatnya generasi muda andil beramal saleh. “Terutama dalam hal menyebarkan konten positif,” jelasnya. 

Berbicara ujaran kebencian dan hoax yang marak di media sosial, Rulli menyarankan untuk tidak merespon. “Tidak perlu berdebat di media sosial, karena tidak ada untungnya,” katanya. 

Selanjutnya, di era post-truth, menurut Rulli, kebenaran bukan sebatas ditentukan oleh fakta, tetapi persepsi. Opini yang beredar, terkadang dianggap sebagai fakta yang harus dipercaya oleh publik, dengan mengesampingkan fakta dan data informasi yang objektif. 

“Kita harus hadapi post-truth atau kebenaran baru yang berasal dari hasil framing. Post-truth adalah pergeseran sosial spesifik yang melibatkan media sebagai arus utama dan para pembuat opini,” tutupnya.

Pencarian